Apa Itu SOS Code ?








Banyak yang mengatakan, SOS adalah singkatan “Save Our Soul”. Tetapi sebenarnya hal itu sangat-sangat keliru, SOS bukanlah singkatan. Huruf SOS dipilih karena tanda ini dapat dengan mudah diingat bila dituliskan code morse (alfabet yang digunakan pada telegraf). Dengan code morse, tanda SOS terbentuk dari tiga titik, tiga garis, dan tiga titik kembali.



Tanda SOS pertama kali digunakan oleh kapal ang sangat legendaris yaitu “TITANIC” saat menjelang ajalnya. Namun sayang saat itu tanda SOS ini belum dikenal terlalu luas, dan akhirnya tidak heran pada saat musibah titanic pun, kapal-kapal yang berada disekitar terlambat merespon  untuk memberi bantuan, all hasil titanic pun tenggelam dan penumpang pun kedinginan dan banyak yang menjadi beku, karena telambat pendapat petolongan.


Sebagai alternatif lain dari SOS adalah “Mayday”, yang biasanya diucapkan lewat hubungan komnikasi radio. Kata “ Mayday” berasal dari kata : “ Maidez” bahasa prancis yang berarti ‘Tolong Saya”.

Itulah sebenarnya asal dan pengertian tanda SOS yang sering digunakan biasanya dalam keadaan-keadaan bahaya atau dalam keadaan darurat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama